Photo: Yamaha
0
858

Versi Racing Yamaha YZF-R1, Maaf Belum Buat Balap WSBK

GILAMOTOR.com – Setelah versi jalan rayanya dikenalkan oleh duet pebalap MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di EICMA, Milan akhir tahun lalu, pekan lalu, Yamaha mulai menampilkan versi balap dari superbike mereka, YZF-R1.

Dari luar, versi balap dari superbike yang diklaim dikembangkan dengan teknologi MotoGP ini memiliki tampilan yang gahar dengan laburan kelir biru berlivery putih ala Tim Yamaha Racing.

Sedangkan finishing gas buang dipercayakan pada merek Akrapovic yang selama ini sudah bekerja sama dengan tim Yamaha MotoGP.

Sayangnya, tak ada detail modifikasi pada mesinnya. Sebagai catatan, versi standarnya memiliki volume 998cc crossplane 4-silinder segaris dan mengusung con rod berbahan titanium.

Makin disayangkan, superbike yang tampilan fairingnya persis tunggangan MotoGP, YZR-M1 ini dipastikan bukan untuk bertarung di ajang World Superbike Championship (WSBK) 2015. Karena pihak pabrikan belum turun secara penuh di WSBK tahun ini.

Namun rencananya, motor ini akan dipakai di balapan lokal atau ketahanan sekelas Endurance World Championship, Superstock 1000, British Superbike Championship dan IDM (International German Championship).