Photo : Gilamotor.com/Ary
0
1256

Yamaha Unjuk Ketangguhan Mio M3 125, Mesin Menyala 30 Hari Non Stop!

GILAMOTOR.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menantang kembali dirinya untuk melakoni uji ketangguhan Yamaha Mio M3 125. Skutik Blue Core pertama garapan mereka ini pun dipaksa menyala dan lari ditempat selama 30 hari nonstop.

Setelah debut perdananya beberapa waktu lalu, Yamaha Indonesia lantas melanjutkan pengujian yang sama diluar markas mereka. Universitas Pancasila, Jakarta  menjadi lokasi yang dipilih. Sementara, metode yang dilakukan adalah dengan menempatkan Mio M3 125 di atas dynotest set.

Ini dilakukan sebagai bentuk simulasi perjalanan skutik bermesin SOHC 125cc itu selama sebulan. Skutik tersebut kemudian diikat dengan tali panahan setara pengendara berbobot 60 kg.

Efek hambatan juga diberikan melalui pemasangan kipas blower. Putaran mesin juga dipanteng pada 4500 rpm yang disebut setara dengan kecepatan 50 km/jam.

Setelah memulainya pada 17 Januari lalu, Yamaha menyudahi perjalanan Mio M3 pada Senin (16/2/2015).


“Hasilnya sangat luar biasa. Dengan menyala selama 30 hari, simulasi Mio M3 ini sudah berjalan sejauh 36.000 km,” kata Tanto Hari Dewo, Supervisor Area Service Development DDS Yamaha Jakarta di lokasi acara.

Tanto menambahkan total waktu tempuh Mio M3 juga mencapai 720 jam. Skutik ini juga sudah meminum 445 liter bahan bakar minyak jenis pertamax 92 dengan konsumsi mencapai 82,2 km/liter.

Tidak sendiri, kegiatan ini juga melibatkan pihak kampus yang ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

“Ini kegiatan pertama kai di Pancasila dan baru pertam juga Yamaha mengadakan kegiatan di sini. Anda sudah melihat sendiri endurance mesin Mio M3. Ini suatu penghargaan dan kami harap ini akan berkelanjutan,” tutur Agus purwangg selaku Wakil Rektor Universitas Pancasila.

Kegiatan uji ketangguhan Yamaha Mio M3 125 juga akan dilangsungkan di 10 universitas ternama di Indonesia. Mereka tentu punya misi dalam kegiatan ini.