Photo: ICEdot
0
915

ICEdot, Sensor Darurat Saat Kecelakaan

GILAMOTOR.com – Riding gear seperti helm atau jaket merupakan salah satu peranti keselamatan berkendara yang harus selalu digunakan dalam berkendara. Selain melindungi tubuh dari terjangan angin dan debu, fungsi utamanya tentu melindungi tubuh ketika terjadi kecelakaan sehingga meminimalisir resiko cedera yang lebih parah.

Tapi yang perlu diingat kembali, kecelakaan dapat terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja. Saat kecelakaan terjadi di daerah yang tak terduga, hal yang tak kalah penting adalah memberi kabar kepada orang terdekat kita, melalui pesan singkat atau menelponnya.

Lantas bagaimana jika kecelakaan cukup fatal terjadi saat kita melakukan perjalanan seorang diri, solo riding misalnya? Aplikasi ICEdot Crash Sensor bisa jadi jawabannya.

ICEdot merupakan peranti kecil yang dapat memberitahukan kondisi darurat Anda ke kontak yang Anda seting. Peranti ini bisa dipasangkan pada helm yang dipakai oleh pengguna, lalu aplikasi ICEdotnya dikoneksikan ke smartphone seseorang yang menjadi kontak darurat.

Sistemnya mampu mendeteksi gerakan atau perubahan kekuatan yang terjadi saat kecelakaan.

Cara kerjanya; saat kecelakaan terjadi, perangkat mengirim data penting ke aplikasi yang akan membunyikan alarm dan memulai emergency countdown. Kalaupun jam emergency countdown berhenti, aplikasi tersebut akan mengirimkan notifikasi kepada kontak darurat yang sudah diseting dan mengirimkan koordinat GPS tempat kecelakaan terjadi. Sehingga memilik nomer telepon yang diseting sebagai kontak darurat bisa langsung menindak lanjutinya sehingga hal-hal lebih buruk yang mungkin terjadi bisa diminalisir.

Serunya, perangkat kecil ini bisa dipasangkan ke helm apapun. Jadi Anda tek perlu membeli helm khusus. Produk yang berbasis di Oklahoma ini dibanderol sekitar USD $ 119. Aplikasi ini bisa bekerja di iPhone 4S dan yang terbarunya serta Android.