Photo : Istimewa
0
1737

Ingin Beli Skutik Baru, Pilih Teknologi atau Harga?

GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya belum terusik dengan agresifitas Yamaha melalui rangkaian produknya. Sementara, skutik baru Yamaha seperti Mio M3 125, All New Soul GT hingga NMax siap menggerogoti pasar yang selama ini dikuasai Honda.

AHM memang selangkah lebih maju karena lebih dulu meluncurkan Honda BeAT eSP dan BeAT Pop serta All New vario 125 eSP dan Vario 150 eSP.

Namun, yang menarik diperhatikan adalah peran dua skutik bermesin 125cc Yamaha yang bakal menghadang gerak Vario 125 eSP. Walaupun, permintaan terhadap adik kembar Vario 150 dalam dua bulan belakangan (Januari-Februari) masih terbilang bagus.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division AHM mengatakan penjualan Vario 125 eSP mencapai 93.500 unit. Dengan inden paling lama 2 minggu. Sementara, pada periode yang sama Vario 150 eSP juga sudah terjual sebanyak 65.500 unit.

Lalu, bagaimana dengan harga jual yang ditawarkan? Dua skutik Honda, terutama Vario 125 eSP memang punya selisih cukup jauh dibanding Mio M3 125 atau All New Soul GT. Akan tetapi, AHM tentu punya penawaran lebih yang diberikan kepada konsumen Tanah Air.

Keutamaannya adalah usungan Honda Smart Technology yang disimpulkan melalui mesin berteknologi enhanced Smart Power (eSP), Idling Stop System (ISS), ACG starter dan pilihan rem combi brake system (CBS).

Sedangkan Yamaha punya teknologi si inti biru yang dinamai Blue Core. Memang lebih simple karena garpu tala tidak memberikan penambahan berarti karena fokus mereka lebih pada kemudahan pengendalian namun tetap responsif.

Tentu saja harga bisa menjadi salah satu faktor konsumen sebelum memutuskan membeli motor. Jadi, apakah kehadiran skutik baru Yamaha akan mengancam keberadaan skutik Honda? Kita lihat beberapa bulan ke depan!