Photo : Bridgestone
1
1197

Ini Dia Line Up Ban Bridgestone di MotoGP 2015

GILAMOTOR.com – Meski posisinya digeser Michelin tahun depan, bukan berarti Bridgestone berhenti melakukan pengembangan. Pemasok resmi ban MotoGP 2015 ini mengumumkan dua jenis bannya akan menjadi line up pilihan para pebalap.

Nantinya, akan ada ban extra-hard compound (ban belakang saja) yang rencananya akan mengawali debut di seri Argentina. Sementara, ban depan asymmetric yang sudah sempat digunakan pada musim 2014, kembali menjadi ban pilihan.

Dengan begitu, dua ban ini melengkapi line up karet bundar Bridgestone di MotoGP 2015. Alhasil, ada 6 ban yang bisa digunakan oleh pebalap.

1. Extra-soft (garis hijau).
2. Soft (garis putih).
3. Medium (tidak ada garis).
4. Hard (garis merah).
5. Extra-hard (garis kuning).
6. Asymmetric (garis biru).

Sama seperti musim sebelumnya, ban belakang extra-soft hanya disediakan untuk tim di open class (Ducati, Suzuki dan Aprilia). Sementara tim Honda dan Yamaha hanya mendapatkan pilihan soft saja.

Jika race berlangsung dalam kondisi hujan, Bridgestone juga menawarkan dua pilihan ban basah. Ban hitam polos menunjukkan kompon yang lebih keras. Sedangkan ban dengan garis putih menandakan kompon yang lebih lembut.

“Ban berwarna ini adalah skema yang sudah kami terapkan tahun lalu untuk memudahkan fans MotoGP melihat pilihan ban kami di setiap race. kami juga sudah mendengarkan feedback dari dari seluruh dunia untuk meningkatkan sistem kami tahun ini,” ucap Hiroshi Yamada, Manager Motorsport Bridgestone.

Menurutnya, pilihan ini tidak hanya mencerminkan komitmen Bridgestone untuk terus mengembangkan ban baru di musim 2015 dengan lebih bnayak pilihan untuk pebalap. “Namun, ini juga membantu meningkatkan daya tarik dari olahraga ini. Membantu penonton MotoGP lebih jelas dan memahami pentingnya strategi pemilihan ban selama balapan,” tutup Yamada.

1 COMMENT