Photo: Kawasaki
0
5686

Kawasaki Stop Produksi Ninja 2-Tak Bulan Juli

GILAMOTOR.com – Buat Anda yang ngidam dengan motor sport Kawasaki Ninja 150, lebih baik buruan beli. Pasalnya, di bulan Juli mendatang, pabrikan motor asal Jepang tersebut bakal menghentikan produksi motor bermesin 2-tak tersebut.

“Iya, kami akan menghentikan produksi Ninja bermesin 150cc 2-tak. Memang ini sangat berat karena produk ini sangat digemari di Indonesia. Selain itu, sampai sekarang pun, konsumennya masih banyak, bahkan menjadikannya sebagai tulang punggung penjualan kami,” urai Yusuke Shimada, Assistant GM Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Dirinya menjelaskan, jika penghentian produksi ini merupakan bentuk komitmen KMI untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan dan disesuaikan dengan standar emisi gas buang di Indonesia ke depannya.

Sebagai informasi, Ninja 150 sendiri telah dikenalkan oleh KMI sejak tahun 1996. Mesin yang diusungnya bertipe 2-tak 150cc pendingin cair disokong karburator Mikuni VM28 dan transmisi 6-speed. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya 21 kW di 11.000 rpm dan torsi 20 Nm pada 9.000 rpm.

Hingga kini, Ninja 2-tak telah berkembang menjadi tiga varian, yakni Ninja SS, Ninja R dan versi full fairing, Ninja RR. Rentang harga jualnya, mulai Rp 28,2-38,3 juta.

Khusus Ninja SS, model yang mengusung lampu bulat ini bisa disebut legenda hidup. Karena sejak pertama kali Ninja keluar 19 tahun silam, tampilannya tetap orisinal seperti dulu, kecuali penambahan velg palang dan pengembangan teknologi Super KIPS (Super Kawasaki Integrated Powervalve System), catalytic converter, dan HSAS (High Performance Secondary Air Sistem).