Photo: Gilamotor/Ilham
7
2103

Mengenal Piranti CLV, Pembaca Karakter Pebalap

GILAMOTOR.com – Teknologi canggih kini tak lagi monopoli ajang balap kelas dunia nan mahal. Bahkan balapan lokal, seperti Yamaha Sunday Race with R Cup juga ikutan mengusung teknologi canggih berupa Circuit Lock Viewer (CLV).

“CLV 2D akan dipakai pada tunggangan R25 di ajang R Cup kelas khusus pebalap dan ARRC. Fungsinya cukup beragam, mulai dari mapping sirkuit dan mengetahui karakter pebalap,” ungkap M. Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Piranti asal Jerman yang juga dikenal dengan julukan Data Logger ini dibekali sensor GPS dan Gyro yang terpisah. “GPS Gyro Sensor yang tertanam di sok depan dan belakang,” jelasnya.

Abidin menambahkan, fungsi untuk mapping sirkuit bisa didapat lewat GPS Gyro Sensor tersebut yang nantinya akan terangkum dalam data di SD Card pada piranti CLV.

“Data yang bisa dibaca cukup banyak. Mulai dari sudut belok, titik pengereman hingga racing line. Sehingga pebalap bisa mengevaluasi karakter balap mereka tiap latihan dan saat balap,” pungkas pria ramah ini.

7 COMMENTS