Photo: Gilamotor.com/Ary
0
628

Produsen Ban Pirelli Bakal Dikuasai Perusahaan China!

GILAMOTOR.com – Ekspansi perusahaan-perusahaan China di dunia otomotif sudah tidak diragukan lagi. Setelah beberapa merek otomotif dunia, seperti Volvo dan Benelli dikuasai, kini giliran produsen ban asal Italia, Pirelli yang siap diakuisisi.

Seperti dikabarkan Reuters, rencananya perusahaan BUMN asal Cina, China National Chemical Corp (ChemChina) siap membeli mayoritas saham Pirelli, senilai 7,1 milyar Euro. Hal ini menjadikan ChemChina sebagai penguasa utama produsen ban yang sudah berdiri sejak 143 tahun silam tersebut.

Dengan kerja sama ini, keuntungan yang didapat kedua perusahaan cukup berimbang. Dimana ChemChina akan mendapat keuntungan lewat alih teknologi pembuatan ban yang merupakan aset berharga bagi Pirelli. Pasalnya, saat ini ChemChina lebih dikenal sebagai perusahaan pengembang industri kimia.

Sementara Pirelli akan mendapatkan kelebihan dengan kemudahan memperluas pasar di China di atas para kompetitor asal Eropa lainnya. Sehingga market share Pirelli dalam penguasaan pasar ban di China yang terkenal sebagai konsumen otomotif nomor satu dunia akan semakin menggembung.