Photo: Michelin
0
1160

Rawan Begal, Komunitas Motor Besar Sosialisasikan Gerakan Melawan Kejahatan di Jalan Raya

GILAMOTOR.com – Ada yang menarik saat perayaan dua tahun komunitas motor besar, Street Fighter 313 di Kota Harapan Indah, Bekasi akhir pekan kemarin. Yakni dengan adanya ajang sosialisasi “Gerakan Melawan Tindak Kejahatan di Jalan Raya” sebagai upaya komunitas menjadi mitra Kepolisian dalam menjaga keamanan di lingkungan terdekat.

Maklum saja, saat ini sedang marak kasus kejahatan melalui aksi pembegalan yang cukup meresahkan masyarakat Indonesia beberapa bulan belakangan menjadi salah satu perhatian para bikers.

Berdasarkan data di Polda Metro Jaya terdapat 80 kasus begal yang terjadi sepanjang Januari 2015 di wilayah hukumnya. Sebanyak 80 kasus itu tersebar di berbagai wilayah di Jakarta dan daerah-daerah penyangganya yaitu Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Martinus Sitompul, mengatakan, 80 kasus tersebut terdiri dari 31 penodongan, 45 perampasan, dan empat perampokan.

Kegiatan yang turut didukung oleh produsen ban Michelin ini juga mendapat respon positif dari komunitas motor besar 250 cc keatas se-Jabodetabek, komunitas Street Fighter 313 merangkul Kepolisian, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan tokoh masyarakat di Bekasi.

Beberapa komunitas yang hadir diantaranya adalah YRCI (Yamaha Racing Club Indonesia), Ducati Owner Club, Woman On Wheel Indonesia (WOW), N250RC perwakilan Tangerang, Cibubur, Depok dan masih banyak lagi yang terdaftar di IMI.

Kegiatan diawali dengan turun ke jalan melakukan razia paku di ruas jalan Cakung-Harapan Indah sembari membagikan flyer yang berisi tips untuk mencegah kejahatan di lingkungan sekitar.

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan bahwa Michelin mendukung penuh kegiatan.

“Meningkatnya populasi motor harus dibarengi dengan edukasi yang simultan terhadap semua pengendara motor atas pentingnya kesiapan untuk mewujudkan keselamatan berkendara di jalan raya. Michelin mengapresiasi inisiatif yang diadakan Street Fighter 313 untuk melakukan sosialisasi terhadap pentingnya keselamatan berkendara,” paparnya.

Ketua Umum Street Fighter 313, Jimmi Thomas menjelaskan bahwa perayaan hari jadi komunitas pecinta motor besar, khususnya 250 cc keatas ini dilakukan untuk memberikan  kontribusi kepada masyarakat mengenai keselamatan di jalan raya.

“Kami ingin menunjukkan partisipasi aktif kami sebagai bikers untuk menjadi mitra bagi Kepolisian dan bagian dari masyarakat pada umumnya. Harapan kami, kegiatan ini dapat meningkatkan solidaritas para anggota bikers dan juga masyarakat pada umumnya. Ditambah kami ingin mensosialisasikan antisipasi pemotor terhadap kejahatan,” katanya.

Deklarasi Gerakan Melawan Tindak Kejahatan di Jalan Raya ditandatangani oleh perwakilan 40 komunitas motor besar, Kepolisian yang diwakili oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kapolresta Bekasi Kota, Kodam Jaya, Dandim 0507 Bekasi Kota, Ustadz Udjae, dan MICHELIN Indonesia”.