0
1021

Tahun 2020, Indonesia Targetkan Ekspor 2 Juta Motor ke Pasar Global

GILAMOTOR.com – Optimisme pemerintah untuk menggencarkan ekspor sepeda motor dari Indonesia makin menggeliat. Apalagi beberapa pabrikan motor menyatakan telah menunjuk Indonesia sebagai basis produksi.

Salah satunya diutarakan oleh Menteri Perdagangan RI, Rahmat Gobel yang mengharapkan Indonesia menjadi basis industri otomotif roda dua dan mampu mengekspor 2 juta motor ke pasar global pada tahun 2020.

“Kami harap, Indonesia bisa jadi basis industri sepeda motor. Sehingga bukan mengincar pasar domestik saja tapi juga incar pasar ekspor,” ungkapnya.

Untuk itu, Rahmat menyatakan jika pemerintah mendorong peningkatan target ekspor sampai 300 persen dalam lima tahun kedepan.

“Kalau produksinya di 2020 bisa 10 juta pertahun, ya kami minta 1 juta unit untuk ekspor. Bahkan kalau bisa mencapai 2 juta. Karena komposisi idealnya ya 80:20 buat pasar domestik dan ekspor. Memang butuh banyak perbaikan, seperti butuh pembenahan infrastruktur dan penambahan investasi. Tapi kami optimis mampu memenuhinya lima tahun ke depan,” paparnya.