Photo: Vespa
0
3925

Tengok Keunggulan Mesin LEM 3V Vespa, Bikin Untung Konsumen

GILAMOTOR.com – Saat ini, semua produk Vespa yang mengaspal di Indonesia telah dibekali mesin terbaru bertipe LEM 3V. Dan PT Piaggio Indonesia (PID) menjelaskan jika mesin tersebut memiliki sederet keunggulan dibanding pendahulunya.

“Banyak keuntungan yang ditawarkan mesin LEM 3V dibanding mesin Vespa 4-tak sebelumnya, yang dijuluki LEADER,” buka Yudi Riswanto, Training Manager PT PID.

Salah satu keunggulannya antara lain ada pada aplikasi tiga buah klep, yang terdiri dari dua klep masuk (diameter 20mm) dan satu klep (diameter 22mm).

“Ini menghasilkan mesin yang berperforma lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang ekonomis. Hasil pengetesan internal, konsumsi bensinnya mencapai 55 km perliter,” jelasnya.

Selanjutnya, mesin yang diusung varian Primavera, Sprint, GTS Super hingga Bellissima 946 ini sudah dilengkapi camshaft baru. Serta bearing dan roller rocker arm yang bertujuan mengurangi gesekan dan meningkatkan performa mesin lebih baik.

“Selain itu, desain silinder head juga dirombak dengan sirip pendingin baru yang membuat suhu mesin terjaga, serta merubah posisi busi agar lebih mudah dalam bongkar-pasangnya,” urai Yudi.

Yang menarik, meski kompresi mesin mencapai 10,5:1, namun mesin 150cc berpendingin udara ini diklaim masih sanggup menenggak bensin bersubsidi. Karena kompresi mesin bisa berkurang saat motor berjalan.

Tak lupa, mesin yang mampu menghasilkan daya sebesar 8,7 kW di 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm ini bersifat low maintenance, karena hanya butuh servis berkala setiap 10.000 km.

“Hasilnya, mesin LEM 3V menawarkan torsi dan tenaga maksimal, tanpa harus mengorbankan konsumsi BBM dan tetap low maintenance,” pungkas pria ramah ini.