Photo : MCN
0
823

Tingkatkan Safety, Sirkuit Misano Dilapisi Aspal Khusus

GILAMOTOR.com – Perbaikan Sirkuit Misano, Italia segera dimulai. Dan, fokus penggarapannya adalah untuk meningkatkan keselamatan pebalap saat beradu kecepatan di lintasan.

Sirkuit Misano kembali menjadi bagian dalam agenda balap MotoGP 2015 ini. Namun, isu seputar lemahnya grip akibat adanya serbuk garam karena lokasinya yang ada disekitar pantai Adriatic membuat pihak sirkuit serius berbenah diri.

Makanya, pihak Misano akan menggunakan aspal dengan formulasi khusus untuk mengatasi masalah di sirkuit sepanjang 4,2 km itu. Sementara itu, pengerjaannya akan dilakukan oleh sebuah perusahaan desain Studio Dormo dan dipimpin langsung oleh sang desainer Jarno Zafelli.

Zafelli juga akan mengurangi polusi udara di sirkuit dan membuatnya lebih ramah lingkungan. Selain itu, akan ada penambahan trek sepanjang 3,2 km yang bisa dipakai untuk acara trackday.

Apa yang dilakukan pihak Misano ini juga tak lepas dari permintaan FIM. Franco Uncini yang ditunjuk sebagai FIM Grand Prix safety officer telah menerima permintaan mereka.

“Pemilik sirkuit menyetujui permintaan tersebut dari FIM dan FIA. Ini menunjukkan mereka berkomitmen untuk meningkatkan keamanan di trek,” ujar Uncini.

Jika Misano punya sirkuit yang baik dengan fasilitas memadai, bukan tidak mungkin gelaran MotoGP di sana berlangsung akan dibanjiri penonton. Harapannya adalah tiket akan habis terjual.