Photo : Yamaha
0
1233

Yamaha Cetak Rekor MURI Nyalakan Mio M3 125 Sebulan Nonstop di 10 Kampus Berbeda

GILAMOTOR.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menutup rangkaian kegiatan Mio M3 125. Aktivitas Mio M3 Challenge mesin nyala nonstop 30 hari terakhir yang berlangsung di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah lalu menjadi rangkaian penutup gelaran yang berlangsung di 10 kampus berbeda di Indonesia.

Penyerahan simbolis resminya digelar di Café & Resto Giggle Box, Semarang, Sabtu (28/2/2015). Diterima oleh Direktur Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Sutarya, yang diserahkan oleh Manager MURI Sri Widayati.

Uji ketahanan Mio M3 Challenge dilakukan masing-masing selama 30 hari di setiap kampus yaitu Institut Teknologi Nasional (ITENAS/Bandung), Institut Teknologi Medan (Medan), Universitas Kristen Duta Wacana (Yogyakarta) : 9 Januari – 8 Februari ; Universitas Udayana (Bali), Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin) : 10 Januari – 9 Februari ; Universitas Muhammadiyah Malang (Malang) : 15 Januari – 14 Februari ; Universitas Pancasila (Jakarta) : 16 Januari – 15 Februari ; Universitas Pakuan (Bogor), : 21 Januari – 20 Februari ; Universitas Panca Sakti (Tegal) : 21 Januari – 20 Februari ; Universitas Kristen Satya Wacana (Salatiga) : 27 Januari – 28 Februari.

”Kami sangat bangga kreativitas Yamaha ini diapresiasi dengan rekor MURI dengan predikat ”Sepeda motor matik dengan ketahanan operasional mesin secara nonstop terlama, 30 Hari.” Ini menjadi pengakuan atas ketahanan Mio M3 dengan dinyalakan mesinnya nonstop masing-masing selama 30 hari di 10 kampus. Dan bukti irit serta ketangguhan DiAsil Cylinder dan Forged Piston,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Mio M3 dinyalakan nonstop 30 hari, dengan RPM rata-rata 4000 atau setara dengan 30 km/jam, dengan beban tali 60 kg. Pengujian utama adalah pembuktian ketangguhan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang jaminan garansinya hingga 5 tahun. Dan juga pembuktian iritnya motor ini. Yamaha membuktikan kehandalannya, yang merupakan salah satu keunggulan teknologi Blue Core yang ada pada Mio M3 ini, (Efisien – Bertenaga – Handal).

Cara kerja dari pembuktian ini yaitu Mio M3 dipasang di dynotest set, lalu diikat dengan tali bertekanan setara dengan bobot 60 kg pengendara. Selain itu diberikan kipas blower sebagai analogi angin berlawanan pada saat berkendara. Rpm di stel di angka 4000 setara dengan kecepatan 30 km/jam yang di ukur melalui putaran roda dynotest tersebut.

Dalam pembuktiannya selama 30 hari ini, motor ini telah menempuh jarak kurang lebih 21.600 km dan menghabiskan sebanyak 403 liter bahan bakar. Itu artinya konsumsi bahan bakar Mio M3 ini setara dengan 53,6 km/liter.