Photo : Cycleworld
0
1210

Dainese Ciptakan Biosuit untuk Astronot

GILAMOTOR.com – Dainese tengah mengembangkan terobosan baru. Bukan racing suit atau perlengkapan balap, perusahaan asal Italia ini justru membuat baju khusus untuk astronot.

Program pengembangan sayap Dainese tertuju pada tahapan yang lebih tinggi. untuk itu, Dainese pun menggandeng MIT dengan mendaftarkan produk biosuit untuk astronot. Kemudian, produk ini diajukan ke NASA Institute for Advanced Concepts.

Biosuit tersebut diklaim punya kemampuan layaknya baju astronot berisi udara. Filamen Lines of Non Extension (LoNE) berupa garis yang mengikuti bentuk tubuh itu juga diyakini tak akan mengganggu mobilitas sang astronot ketika berkegiatan di luar angkasa.

Filamen yang merupakan konsep bio mekanik ini ternyata pengembangan dari penemuan Arthur Iberall 1940an silam.

Pihak Dainese berharap proyeknya ini bisa segera terealisasi. Rencananya biosuit Dainese akan dipakai untuk misi pemberangkatan manusia pertama ke palnet Mars, 2030 mendatang.

Sebagai informasi, Dainese pertama kali meluncurkan produk pertamanya pada 1972. Setelah merilis perlengkapan motocross, Dainese kembali mengembangkan protector untuk punggung, 1978 lalu.

Mereka pun kemudian turut memproduksi knee sliders, toe sliders, sarung tangan bermaterial kevlar hingga racing suit dengan teknologi airbag.