Photo : Crashnet
1
716

Finlandia Daftar jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

GILAMOTOR.com – Terang saja informasi ini membuat Mika Kallio berbangga hati. Pasalnya, Finlandia akan ikut dalam perebutan tender sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2017.

Hal tersebut diungkap oleh pihak Finlandia setelah tak adanya kelanjutan seputar kelanjutan penyelenggaraan Formula 1 di negara tersebut. Padahal, sirkuit yang dinamai Kymi Ring didesain untuk balapan jet darat itu.

“Trek ini diperuntukan bagi F1. Tapi, gelaran Grand Prix di sini tidak pernah dijadwalkan,” ucap Kari O Sohlberg selaku badan nasional motorsport Finlandia.

Namun, berkat hal itu pihak sirkuit lantas berpikir ulang. Apalagi, mereka juga mengakui kalau biaya penyelenggaraan F1 sangat mahal.

Makanya, mereka mulai mengalihkannya untuk bisa melaksanakan event MotoGP, Superbike atau event balap mobil seperti GP2, GP3 dan DTM yang dirasa lebih tepat.

Kymi Ring saat ini tengah dalam pembangunan. Sirkuit tersebut terletak di wilayah Kouvola dengan jarak 150km dari ibukota Helsinki.

Dulu, Finlandia pernah menjadi tuan rumah gelaran MotoGP pada 1962-1963 (Tampere) dan Imatra pada 1882.

Seperti kita tahu, penyelenggara MotoGP berkeinginan menambah jumlah seri MotoGP 2017 menjadi sekitar 20 seri. Setelah Austria dipastikan masuk dalam jadwal, Thailand dan Chile tampaknya harus bersaing ketat dengan hadirnya Finlandia.

1 COMMENT