Photo: Honda
0
1051

MPM Gelar Kompetisi Safety Riding Untuk Komunitas

GILAMOTOR.com – Sadar akan sosialisasi safety riding bagi komunitas, PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai main dealer sepeda motor Honda Jatim dan NTT kembali menggelar Safety Riding Competition yang melibatkan beberapa komunitas motor Honda di Sirkuit Kenjeran Surabaya, Minggu (29/3/2015).

Acara ini diikuti oleh 30 peserta yang terdaftar sebagai anggota resmi klub motor MPM Motor Jatim.

Pada kesempatan kali ini, MPM sebagai pihak penyelengara Safety Riding Competition mengambil 8 pemenang yang memiliki nilai tertinggi berdasarkan beberapa uji kompetisi yang telah dijalani oleh para peserta. Uji dikompetisikan pada lomba kali ini adalah uji narrow plank, uji braking dan slalom course.

Sesi pertama dilakukan dengan uji kemampuan pengereman dalam uji braking. Dalam uji ini peserta harus bisa menghentikan laju sepeda motornya dari kecepatan yang sudah ditentukan tanpa membuat roda terkunci. Sedangkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan dilakukan dengan uji narrow plank.

Dalam uji kali ini para peserta harus berkendara melintasi papan titian dalam kecepatan sangat rendah tanpa menurunkan kaki dan tetap mempertahankan postur berkendara yang ideal.

Ujian lainnya yang menantang adalah ujian slalom course, dimana keterampilan berkendara diuji secara akurat dan cepat di lintasan yang dirancang khusus. Para peserta lomba tidak boleh menyentuh pembatas jalur pijakan kaki di aspal saat bermanuver. Tiga sesi ujian inilah yang nantinya dijadikan catatan para juri untuk menentukan pemenang Safety Riding Competition.

Hasilnya, Endri Rohmanto Welas anggota komunitas motor BNEC (Bangkalan Neotech Engine Community) dari Paguyuban Honda Madura berhasil menjadi yang terbaik dalam kompetisi kali ini dengan torehan nilai 2350.

Keikutsertaan komunitas motor Honda Jatim dalam ajang kompetisi kali ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dan kesadaran para rider dalam berkendara, disamping sebagai mencari bibit-bibit rider yang akan dibina untuk mengikuti kompetisi serupa di Palembang pada April ini.