Photo : Crashnet
1
817

Proposal MotoGP 2017 Menanti, Tidak Ada Penambahan Tim!

GILAMOTOR.com – Meski balapan MotoGP 2015 baru dimulai, Carmelo Ezpeleta sudah merancang proposal untuk gelaran MotoGP 2017 mendatang. Banyak hal baru yang harus dicermati oleh partisipan.

Dari penutuannya kepada MotoGP.com, CEO Dorna ini merinci butir-butir aturan yang sejatinya akan menjadi pedoman balap MotoGP 2017 hingga 2021. Tentu saja ini melibatkan pihak tim dan lainnya. Menurutnya proposal ini tidak akan diubah jika semua pihka sudah menyetujuinya. Berikut penjelasannya :

1. Enam pabrikan yang sudah dikonfirmasi memiliki jatah dua motor pabrikan dan akan membayar sejumlah uang ke Dorna. Setiap pabrikan juga mendapatkan obligasi untuk menyewa dua sampai empat motor untuk tim satelit.

2. Dorna akan membayar hampir seluruh biaya sewa motor satelit untuk tim luar pabrikan dengan harga maksimum yang sudah ditentukan. Ini diyakini akan menjaga kondisi finansial tim. “Total kita menempatkan hampir 30 persen uang yang lebih banyak untuk balapan ini,” kata Ezpeleta.

3. Tidak akan ada penambahan tim baru kecuali ada yang mengundurkan diri. Maksimal pembalap hanya 24 rider dengan estimasi dua motor pabrikan dan dua motor tim satelit dari enam tim pabrikan. Tim pabrikan yang ada saat ini adalah Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia dan KTM yang resmi terjun di MotoGP 2017.

4. Jumlah balapan tidak akan melebihi 20 seri. Sesuai dengan jumlah race saat ini yang hanya 18 seri. Namun, untuk ke depan tampaknya jumlah tersebut akan bertambah.

Pasalnya, Austria dikabarkan mengkonfirmasi keikutsertaannya di musim balap MotoGP 2016. Sementara untuk Sirkuit Buriram, Thailand masih dalam tahap pembicaraan.

1 COMMENT