Photo: Marzocchi
0
821

Waduh, Produsen Suspensi Marzocchi Bakal Stop Produksi

GILAMOTOR.com – Kabar mengejutkan soal penutupan pabrik kembali mengguncang jagad roda dua dunia. Pasalnya, belum lama kami kabarkan mengenai penghentian produksi motor Erik Buell Racing, kini giliran pabrikan suspensi asal Italia, Marzocchi yang menyatakan bangkrut.

Seperti dilansir Autoevolution, Marzocchi yang saat ini dimiliki oleh perusahaan asal Amerika, Tenneco akan menghentikan produksi dari fasilitas pabrik mereka di Zola Predosa, Italia. Dampaknya, ada 120 pekerja yang akan dirumahkan.

Bukan hanya itu, beberapa produsen motor yang menggunakan Marzocchi sebagai suspensi standar mereka juga terancam akan terkena dampaknya. Diantaranya, Ducati, MV Agusta, BMW, Beta, Bimota dan Gas Gas.

Bahkan, brand Marzocchi yang tenar sebagai penyuplai suspensi aftermarket di dunia dirt track, motocross dan supermoto makin membuat efek domino yang dihasilkan dari penghentian produksi ini.

Rencana penutupan ini sendiri sudah digaungkan sejak tahun 2011 silam, atau tiga tahun setelah Tenneco mengakuisisi produsen suspensi yang berdiri sejak 1949 ini.

Namun serikat pekerja menolak secara keras dan melakukan negosiasi yang menyepakati jika usia Marzocchi diperpanjang hingga pertengahan 2015.

Dan kali ini, sesuai perjanjian, pabrik yang berlokasi di sisi barat kota Bologna tersebut dipastikan tutup dan stop produksi. Kecuali, jika ada investor yang berminat untuk memperpanjang sejarah Marzocchi.