Photo : Gilamotor.com/Ilham
4
5980

Waspadai Roller Peyang, Penyebab Tarikan Skutik Lemot

GILAMOTOR.com – Pemilik motor skutik yang berusia lebih dari setahun kerap mengeluh mengenai tarikan motornya yang lambat dan tak sesuai dengan bukaan gas. Sebab, saat gas sudah diputar dalam, tapi motor terasa pelan dan disertai bunyi dan getaran mesin.

Setelah dicek, ternyata bagian roller CVT telah peyang, alias terkikis. “Roller peyang dapat terdeteksi jika tarikan motor jadi lambat dan mesin berisik. Bahkan saat motor digas, akselerasinya seakan tertahan dan ,” buka Ridwan Afriansyah alias Idan dari HDR Speed, Gandaria, Jaktim.

Jika terdapat gejala roller peyang, segera lakukan pergantian. Ini wajib dilakukan jika ingin akselerasi dan tenaga skutik Anda normal kembali.

“Karena roller merupakan salah satu komponen fast moving di skutik. Fungsinya seperti gir set pada motor non matik,” timpal Roni dari bengkel resmi Yamaha Bahana Motor, Ciracas, Jaktim.

Ditambahkannya, gejala roller peyang sendiri merupakan kerusakan normal seiring usia pakai kendaraan. Sehingga selain wajib dicek secara berkala saat servis, juga harus diganti kala aus.

4 COMMENTS