Photo: PGM
0
1915

Edan! Motor Ini Pakai Mesin V8 Bertenaga 334 Hp!

GILAMOTOR.com – Edan! Ini hal pertama yang langsung terlintas di benak saat melihat motor yang satu ini. Bukan karena bentuknya yang aneh, atau keren. Tapi karena kagum melihat sebongkah mesin besar berkonfigurasi V8 di ruang mesinnya.

Yup, motor garapan tuner asal Australia, PGM ini memang terbilang nyeleneh. Bagaimana tidak, rumah modifikasi yang dipimpin oleh bekas punggawa tim superbike, Loctite Yamaha, Paul Malonet ini membangun motor bermesin V8 dengan menggabungkan dua bongkah mesin Yamaha YZF-R1.

Mesin yang digabungkan adalah R1 buatan 2006 dan 2008. Dengan tetap mempertahankan head dan piston standar. Sementara crankcase PGM V8 dibangun ulang dengan teknik sand cast.

Alhasil, proyek yang dikerjakan sejak 2008 hingga 2015 ini menjadikan sebuah mesin anyar bervolume 1.996cc dengan kawalan 40 katup dan sanggup memuntahkan daya hingga 334 hp!

Sementara sasis yang dipakai PGM V8 dirancang dari nol dengan bahan chrome-moly trellis dan CNC almunium. Untuk bodi dipilih dari karbon. Sedangkan komponen penunjang lainnya diambil dari merek ternama. Seperti rem Brembo, suspensi Ohlins, knalpot Akrapovic dan velg Marchesini.