Photo: Gilamotor.com/Ilham
9
7210

First Ride Suzuki Satria F115 Young Star, Handling Ringan Buat Harian

GILAMOTOR.com – Di sela seri perdana ajang balap Suzuki Indonesia Challenge (SIC) Season 2 di Cibinong akhir pekan lalu, GILAMOTOR.com juga berkesempatan menjajal motor baru, Suzuki Satria F115 Young Star.

Memang, lahan tes yang tersedia memang kurang ideal. Yakni sebuah lapangan terbuka dengan aspal mengelupas dan tricky. Alhasil, untuk menguji kemampuan Satria F115 Young Star belum cukup. Untungnya, trek buatan dengan pembatas kun dan ban di lapangan tersebut, setidaknya mampu memberikan impresi soal motor ini.

Dan tak salah, impresi pertama yang dapat mewakili motor bergenre ‘ayam jago’ ini adalah lincah dan ringan. Dan hal ini terbukti dari paduan pas, handling yang enteng untuk dipakai selap-selip, serta mesin dengan akselerasi responsif di tarikan bawah.
tes-satria-115-2

Yup, mesin mulai dihidupkan, lanjut masuk ke gigi satu, Satria F115 Young Star menawarkan tarikan awal yang baik. Bahkan untuk pengguna berbadan gambot seperti tester GILAMOTOR.com kali ini, motor bermesin 115cc injeksi berpendingin udara ini terbilang cocok buat karakter jalanan stop and go, ala kemacetan kota besar.

Tetapi, seperti dijelaskan di awal, trek tes kali ini nggak mendukung. So, baru pindah gigi dua, langsung dipaksa zig-zag mengikuti kun.

Nah, di sini kemampuan handling Satria F115 Young Star diuji. Hasilnya positif. Dengan sudut setang model jepit (clip on) dipadu sok teleskopik 26mm panjang di depan. Serta wheelbase 1.220mm yang lebih pendek 60mm dari Satria F150 membuatnya mudah dikendalikan.

Menariknya, meski posisi duduknya sporty dengan ketinggian seat 765mm, namun bodi belakang yang persis dengan Smash FI (Shooter FI) ini masih mampu menampung bagasi hingga 8 liter. Lumayan buat bawa belanjaan. Hehehe.
tes-satria-115-3

Sayangnya, sedikit berbeda dari ‘abangnya’ Satria F150 yang mengusung spidometer ‘pintar’ dengan kombinasi model digital-analog dan didukung shift light, milik Satria F115 Young Star justru tampil sederhana.

Hanya terdapat panel spidometer, indikator bensin, top gear, injeksi, sein dan high beam saja dengan ukuran yang lebih kecil.

9 COMMENTS