0
788

Honda Siap Rilis Africa Twin, Pakai Transmisi Ganda

GILAMOTOR.com – Kemunculan motor bergenre adventure, Honda Africa Twin cukup dinanti penggemarnya. Sebab, meski prototipenya telah dipajang di pameran EICMA Milan, akhir pekan lalu, namun hingga kini, Honda belum merilis versi massal dari Africa Twin.

Nah, belum lama ini, Honda kembali menampilkan teaser foto dari motor yang pada versi prototipenya berjuluk Honda True Adventure ini.

Rencananya, motor ini akan bernama CRF1000L. Sumber tenaganya akan mengandalkan mesin 1.000cc twin silinder segaris dengan sistem pendingin cair.

Dilansir dari Visordown, Africa Twin CRF1000L ini juga direncanakan mengusung sistem transmisi Honda Dual Clutch Transmission otomatis. Transmisi canggih ini sebelumnya tersemat pada model Honda NC750X, Integra 750 dan VFR800X Crossrunner.

Keunggulannya, DCT mampu menghadirkan kemudahan berkendara . Karena DCT menggunakan dua kopling, dimana satu untuk gigi ganjil dan satu di gigi genap yang bekerja secara bersamaan untuk memungkinkan pergeseran otomatis halus. Uniknya, hal ini juga memungkinkan gigi semi-otomatis dengan perpindahan gigi lewat tombol pada setang.

Honda mengatakan evolusi terbaru dari DCT telah dikembangkan untuk menyediakan kemampuan off-road dengan yang Afrika Twin

Afrika Twin sendiri merupakan keluarga motor adventure Honda yang dikembangkan lewat ajang reli terganas dunia, Rally Dakar. Pertama kali muncul di tahun 1988 dengan tipe XRV650 Africa Twin disusul model XRV750 di tahun 1990.