Photo: Gilamotor.com/Ilham
3
8374

Jangan Asal Pasang Knalpot Racing, Pilih Sesuai Kebutuhan

GILAMOTOR.com – Saat ini, beragam model dan bentuk knalpot racing untuk motor apapun tersedia di Tanah Air. Namun jangan langsung terkecoh akan model, merek dan bahan saja. Tetapi kenali juga kebutuhan penggantian knalpot motor.

“Paling mudah, penggantian knalpot racing bisa dipilih dari desain silencernya,” buka Dede Sunardi, pemilik DD Auto Exhaust, produsen knalpot custom.

Silencer knalpot menurutnya ada dua macam, yakni panjang dan pendek. “Kebanyakan orang, kurang memahami fungsi silencer. Hanya senang desainnya saja. Padahal, karakter knalpot juga bisa dilihat dari silencernya. Hasilnya, tenaga motor nggak sesuai dengan yang diharapkan,” urai Dede.

Dirinya melanjutkan, jika pada knalpot bersilencer pendek lebih cocok untuk kebutuhan dalam kota, terutama untuk mengail torsi. “Karena silencer pendek mampu meningkatkan torsi di putaran mesin bawah,” jelasnya.

Namun konsekuensinya, suara yang dihasilkan cukup besar. “Sehingga lebih baik memakai Db Killer, agar tak terlalu mengganggu.”

Sementara knalpot dengan silencer panjang, menurut Dede cocok bagi penggemar turing yang butuh motor bernafas panjang dan tenaga putaran mesin atas yang mumpuni.

“Keuntungan knalpot bersilencer panjang ada di nafas mesin yang lebih panjang. Selain itu, suara yang dihasilkan juga lebih halus ketimbang silencer pendek,” pungkas pria ramah ini.

3 COMMENTS