Photo : KTM
0
1308

KTM Kembangkan SX-F 2016, Enteng dan Lincah!

GILAMOTOR.com – KTM kembali memperkuat line up penggaruk tanahnya. KTM SX-F versi 2016 yang akan digunakan crosser tim KTM kini hadir dengan ubahan yang memudahkan pengendaranya.

Tidak ada penambahan varian mesin. Namun, fokus pengembangan KTM SX-F terletak di sektor sasis, mesin dengan usungan teknologi terbaru dan shock breaker depan model AER48 milik WP.

Pihak pabrikan mengklaim KTM SX-F ini punya 90% komponen terbaru. Mulai dari sasis, rangka utama dan pendukung, pijakan kaki, swing arm dan shock breaker.

Perubahan tersebut diyakini mendongkrak performa KTM SX-F karena sang penunggang kuda besi bisa meningkatkan kontrolnya terhadap motor. Model SX-F teranyar ini juga rupanya lebih enteng dari model terdahulu.

Untuk model SX-F 450cc memiliki bobot total 101,9 kg atau 4 kg lebih ringan dari model sebelumnya, Begitu pula dengan model 350cc dan 250cc yang lebih ringan dari generasi pendahulu.

“Teknologi dan inovasi kami membuat titik berat motor SX versi 2016 makin ke tengah. Juga banyak mengurangi bobot, sehingga kontrolnya lebih enak. Dengan kombinasi desain garpu depan udara AER 48 baru dari WP, motor ini bagaikan sebuah harmoni. Kami amat bangga memperkenalkan model ini,” jelas Joachim Sauer, Manajer Produksi KTM Offroad.

KTM membagi model SX-F dalam dua tipe 4-tak dan 2-tak. Mesin 4 langkah 450cc, 350cc dan 250cc serta 125cc di di kelas 2-tak yang lebih ramping dan ringan.

Sebagai catatan, mesin konfigurasi 1 silinder SOHC 450 SX-F 2016 standar, mampu memuntahkan tenaga puncak hingga 62 DK. Artinya power to weight rasio motor ini terbaik di kelasnya. Di kelas 350cc, SX-F yang mengusung mesin DOHC dirancang lebih kompak agar titik berat grafitasinya makin ke tengah.

Khusus KTM SX-F 4-tak, pihak pabrikan juga sudah menyematkan sistem kontrol start (launch control system) yang membuat motor tidak liar saat start. Juga dibekali sistem elektronik, ECU yang lebih cepat dengan setingan gaya mengendarai lebih beragam. Termasuk asupan bahan bakar yang kian efisien dengan throttle body baru.

Konsumen yang sudah tertarik juga sudah bisa melakukan pemesanan unit KTM SX-F 2016, Juni 2015 mendatang. Bagaimana dengan KTM Indonesia?