Photo: Gilamotor.com/Ilham
4
4190

Motor Klasik Mini Honda, Nggak Ribet Cari Spare Part Mesin

GILAMOTOR.com – Penggemar motor klasik mini makin bertumbuh di Indonesia. Banyaknya model, seperti Honda Monkey, Gorilla, Kumamon atau Dax yang rata-rata hadir dari Jepang dan Thailand terus diburu penggemarnya. Lalu bagaimana soal merawatnya?

“Nggak ribet kok, karena rata-rata mini bike klasik merupakan keluaran Honda dengan basis mesin yang mirip seperti motor bebeknya,” buka Gungun, Penasihat Indo Classic Mini Bike (ICMB).

Beberapa komponen fast moving seperti kampas kopling, sil hingga piston, busi dan karburator set bisa diambil dari milik Honda Supra X atau Honda Grand.

“Perawatan mesinnya juga sama seperti memakai motor bebek kok, hanya servis ringan dan ganti oli rutin. Asiknya, karena ini berbasis motor bebek Honda, hampir semua bengkel paham cara bongkar dan perawatannya. jadi kalau ada trouble di jalan, bisa langsung cari bengkel terdekat,” urainya.

Menanggapi masalah lainnya, menurut Gungun, kendala memiliki motor mini lebih pada pencarian komponen non mesin. “Kalau pun ada yang sulit didapat, seperti komponen di luar mesin misalnya bodi dan suspensi bisa diorder dari Thailand atau Jepang,” pungkasnya.

4 COMMENTS