Photo: Wikimedia
1
1416

BBM Pertalite RON 90, Diriset pada Motor Karburator dan Injeksi

GILAMOTOR.com – Bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dipastikan meluncur tahun ini. Kemampuannya pun disebut lebih baik daripada Premium.

Muchammad Iskandar, Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina mengatakan pihaknya tinggal menunggu waktu peluncuran dari pemerintah.

“Riset Pertalite sudah selesai dan akan dilaunching tahun ini. Kemungkinan setelah lebaran nanti,” katanya saat menghadiri acara media gathering GIIAS 2015 bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (23/6/2015).

Lebih lanjut Muchammad menjelaskan riset dilakukan dengan menguji Pertalite pada dua jenis kendaraan. “Pertalite di tes pada mobil dan motor karburator dan injeksi,” ujarnya.

Setelah diuji, pihak pertamina yang didukung LIPI dan LAPI mendapati performa Pertalite lebih bagus, utamanya jika dibandingkan dengan BBM bersubsidi.

“Dengan oktan 90 (RON 90), Pertalite lebih baik (irit) dari Premium,” ujar Muchammad tanpa menyebut angka pasti km/liter-nya.

Selain lebih bagus dari BBM Ron 88, Muchammad juga membandingkan Pertalite dengan Pertamax (RON 92). Tidak terlalu signifikan jika dibandingkan Pertamax,” tambahnya.

Namun, Muchammad belum bisa menentukan harga Pertalite. Jika pun sudah resmi meluncur, Pertalite baru akan dinikmati konsumen yang ada di pulau Jawa. “Baru setelah itu wilayah lainnya,” tutup Muchammad.

1 COMMENT