Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
1232

Honda Kembali Gelar Kontes Mekanik Nasional Tingkat SMK

GILAMOTOR.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kontes kemampuan mekanik para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kali ini seleksi dilakukan dari 316 SMK binaan Honda di seluruh Indonesia dan melibatkan 14.220 peserta.

Memasuki tahun ke-6, kontes ini mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi Bersama Honda Smart Technology”. Sebelumnya ribuan peserta tersebut memulai tahap seleksi uji kompetensi tingkat sekolah. Kemudian dilanjutkan level regional untuk kemudian masuk ke kontes kompetisi nasional dari AHM.

Berdasarkan proses seleksi berjenjang tersebut, terpilih sebanyaj 37 siswa SMK yang berkesempatan unjuk kemampuan di Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional pada 4-5 Juni 2015 di Astra Honda Training Center (AHTC).

“Kontes ini dirancang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.  Semoga hasil kontes ini tidak berhenti di sini, tapi terus bergulir berkelanjutan. Sehingga siswa yang mengikuti kontes bukan hanya mampu mengisi kebutuhan AHM semata, tetapi juga siap bekerja bagi perusahaan lain, atau bahkan membuka bengkel sendiri,” ungkap Markus Budiman, Direktur HR, GA & IT PT AHM.

Dalam kontes kali ini, peserta kontes mekanik SMK harus mampu menjawab materi uji kompetensi teknologi terbaru Honda. Diantaranya tes tepri, praktek meja sampai trouble shooting yang materinya seputar engine, frame, electrical, PGM-FI dan pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah.

AHM menyediakan beragam hadiah pada pemenang kontes. Diantaranya pemenang pertama diganjar Rp 8 juta, kedua Rp 5 juta dan pemenang ketiga dengan Rp 3 juta. Selain itu, pihak sekolah pemenang akan dihadiahi sebuah motor Honda CBR 150R.