Photo: Italian Wheels
1
2687

Intip Tunggangan Prototipe MotoGP Kawasaki, Ini Detailnya

GILAMOTOR.com – Pekan ini pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki memang tengah menguji prototipe MotoGP mereka di sirkuit Catalunya, Spanyol. Uniknya, motor ini memiliki sejumlah perbedaan signifikan dari versi sebelumnya yang diuji di Jerez awal tahun lalu. Seperti apa?

Seperti dilansir Italian Wheels, bagian fairing dan air intake menjadi perbedaan paling mencolok. Dimana bentuk air intake pada versi Jerez masih mengandalkan model trapesium seperti ZX-RR, kini dibuat oval, mirip kepunyaan Honda dan Suzuki.
Kawasaki-differences (1)

Selanjutnya, desain fairing yang sebelumnya sedikit terbuka, kini dirancang serba tertutup. Sehingga bagian blok mesin motor yang diuji oleh Dominique Aegerter tak lagi terlihat seperti versi sebelumnya.

Tak hanya sisi aerodinamika, Kawasaki nampaknya tertarik juga untuk mengusung knalpot pendek seperti Yamaha YZR-M1. Tak mengherankan, karena Kawasaki juga menggandeng produsen knalpot balap yang sama dengan Yamaha, yakni Akrapovic.
Kawasaki-differences-2 (1)

Pengembangan di bagian kaki-kaki juga dilakukan insinyur-insinyur balap Kawasaki. Ini terlihat dari aplikasi swing arm dan sasis dengan sudut geometri baru, hingga suspensi yang kini disokong oleh Showa dan ban Michelin.

1 COMMENT