Photo: Yamahamotogp
1
1186

Rossi Bingung Banyak Pebalap Terkena Arm Pump?

GILAMOTOR.com – Arm pump bisa dibilang cidera yang merugikan pebalap. Tidak sedikit para pebalap yang masuk ke ruang operasi untuk menuntaskan masalah tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, masalah ini semakin ‘lekat’ dengan para pebalap. Bahkan, para rider di MotoGP seperti Pol Espargaro, Hector Barbera, Dani Pedrosa hingga Alex Rins (Moto2) pernah mengalaminya.

Akan tetapi, Valentino Rossi tak tau kenapa hal tersebut semakin marak. Padahal, spesifikasi dan kemampuan motor MotoGP sekarang ini disebutnya bisa meredam potensi arm pump.

“Tentu saja ini aneh. Tapi, aku punya penjelasan teknis dalam beberapa tahun terakhir,” kata Rossi.

Menurutnya pengembangan yang dilakukan pada beberapa sektor sudah lebih baik.

“Tekanan pada lengan saat pengereman lebih kuat karena ban Bridgestone yang fantastis. Cakram rem yang lebih besar, Engine brake juga lebih baik dan seamless gearbox yang mambantu menghentikan motor,” papar Rossi.

Jika arm pump terjadi, maka gerakan jari dan tangan akan terbatas karena lengan terasa berat. Kalau begini, pebalap tidak akan mampu melakukan pengereman atau memuntir tuas gas secara maksimal. “Untungnya aku tidak ada masalah dengan itu,” tutup Rossi.

1 COMMENT