Photo: Yamaha
0
1018

Sabar, Yamaha YZF-R1M Masih Tahap Uji Tipe di Indonesia

GILAMOTOR.com – Penggemar motor besar, alias moge khususnya merek Yamaha yang menunggu kehadiran superbike YZF-R1M, tampaknya harus bersabar. Pasalnya, Yamaha Indonesia menyatakan belum akan menjual motor tersebut dalam waktu dekat.

“YZF-R1M masih tahap uji tipe. Belum akan dijual dalam waktu dekat ini,” papar M. Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, selain menguji tipe, proses perizinan juga harus diselesaikan. Hal itu juga yang membuat YZF-R1M belum akan dirilis dalam waktu dekat.

Yamaha R1M dibekali mesin DOHC empat silinder 998cc dengan crossplane silinder. Terdapat pula data logger yang terintegrasi dengan GPS juga tersedia di YZF-R1M. Perangkat tersebut bisa dihubungkan dengan smartphone atau gadget.

Suspensi Ohlins dengan sistem Electronic Racing Suspension (ERS) mampu meningkatkan performa motor saat dibejeg, utamanya di tikungan. Bagian roda dengan velg magnesium dan ban berperforma tinggi dari Bridgestone 120/70-ZR17 (depan) dan 200/55-ZR17 (belakang) berkompon spesial juga menjadi sektor pendukung terbaik.

Kemampuan YZF-R1M kian maksimal dengan adanya perangkat elektronik six-axis IMU bekerja untuk beberapa sensor seperti banking-sensitive Traction Control, Slide Control dan Anti-Wheelie Control yang tersedia sebagai fitur bawaan. Begitu juga dengan ABS, lift control, power modes dan quick shifter.