Photo : Speedweek
1
1925

Tes Ban Michelin di Mugello, Rider MotoGP Berjatuhan!

GILAMOTOR.com – Michelin kembali menggelar tes karet bundarnya yang akan dipakai pada MotoGP 2016 mendatang. Namun, pihak produsen harus melakukan pengembangan khususnya ban depan karena dirasa kurang menggigit.

Usai melakoni balap MotoGP Italia, beberapa tim menjalani tes ban Michelin. Tim pabrikan seperti Yamaha, Ducati, Honda hingga Aprilia hadir untuk mengujinya di Sirkuit Mugello, Senin (1/6/2015).

Akan tetapi, karakter ban Michelin tampak belum padu dengan kuda besi maupun riding style para pebalap. Jorge Lorenzo, juara MotoGP Italia lalu menjadi korban pertama yang terjatuh. Speedweek menyebut Lorenzo keluar di sektor 4 karena kehilangan kendali di ban depan.

Hal serupa juga dialami Valentino Rossi ketika melahap arrabiata 1. Selanjutnya, Marc Marquez menjadi korban dan diikuti pula oleh Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa serta Alvaro Bautista.

Saat melakukan tes pertama di Sepang, Malaysia lalu, para pebalap mengakui ban belakang Michelin memiliki grip lebih baik. Sayang, belum bisa dirasakan pada ban depannya.

Sejak 2008 silam, Michelin absen menjadi pemasok ban utama MotoGP. Produsen asal Perancis ini pun memenangkan tender untuk kembali ke balapan utama tersebut tahun depan.

1 COMMENT