Photo: Google Map
0
1806

Awas! Ini Lokasi Rawan Bencana di Banten dan Jawa Barat

GILAMOTOR.com – Seperti diketahui, tidak semua jalur mudik yang menjadi agenda rutin tahunan sebagian masyarakat Indonesia bebas bencana alam. Jalur yang rawan longsor, atau banjir kerap terjadi. Untuk itu, kenali dulu jalur rawan bencana di Banten dan Jawa Barat berikut.

Di Banten sendiri, lokasi rawan bencana lebih banyak berada di jalur alternatif. Diantaranya titik rawan banjir di wilayah Tanara yang merupakan penghubung Balaraja menuju Pontang. Lalu sekitar Rangkasbitung dan jalur dari Labuan ke Pagelaran.

Sedangkan jalur utama, yang patut diwaspadai adalah jalan Parigi menuju Serang. Lalu lintasan Seketi menuju Kadupandak merupakan lokasi rawan longsor.

Di Jawa Barat, bencana rawan longsor lebih banyak ditemukan ketimbang banjir. Ini pun lebih banyak terdapat di jalur tengah dan selatan.

Diantaranya kawasan Puncak, jalur Jonggol menuju Cianjur, Bandung-Sumedang, Purwakarta-Sumedang. Lalu Subang-Cikamurang dan Cimalaka-Cijelag. Serta Nagrek-Garut, Malangbong, Garut-Singaparna, Cikoneng-Ciamis, Cikijing-Kuningan dan Kuningan-Lurahgung.

Sementara titik banjir bisa ditemui sekitar Purwakarta, Kandanghaur dan Padaherang. Untungnya saat ini, mudik terjadi saat musim kemarau, sehingga kemungkinan terjadi banjir dan longsor cukup kecil.

Laporan ini dipersembahkan oleh ENERVON-C