Photo: Wheel Story 3
0
947

Di Hari Ke-70 Perjalanan Wheel Story 3 Singgah di Taj Mahal

GILAMOTOR.com – Setelah menengok Nepal, perjalanan Wheel Story 3 kembali ke India, kali ini ke kota Agra. Kota ini adalah kota kuno yang berada dalam negara bagian Uttar Pradesh. Menjadi tempat favorit berwisata karena disinilah Taj Mahal berdiri megah.

Taj Mahal dibangun atas keinginan kaisar Mughal Shah Jahan untuk dipersembahkan kepada istri ketiganya Mumtaz Mahal. Pembangunan ini menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dengan mempergerakan ribuan pekerja dari penjuru negeri termasuk pemahat terbaik dan juga 10.000 gajah ikut membantu pengerjaan Taj Mahal ini.

Sayangnya, sekarang ini Taj Mahal tak seputih aslinya, ini diakibatkan polusi di India. Maka setiap kendaraan bermotor dilarang mendekati Taj Mahal pada radius 500 meter, para pengunjung pun hanya bisa membawa air mineral bening, dilarang membawa soda atau minuman berwarna lainya agar tidak tumpah ke marmer putih.

Pun kalau ingin masuk Taj Mahal harus dengan kaki telanjang atau kalau tidak sepatu atau sandal harus menggunakan cover alas kaki untuk melindingi marmer putih. Tripod pun tidak diijinkan agar Taj Mahal tetap terjaga keindahannya.