Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
964

Dua Tarif Hanya Berlaku di Tiga Pelabuhan, Dimana Saja?

GILAMOTOR.com – Rencana penerapan dua tarif penyeberangan laut oleh PT ASDP Indonesia, ternyata tidak menjangkau semua pelabuhan penyeberangan di Indonesia. Hanya ada tiga pelabuhan yang akan melakukan dua tarif, yakni Merak, Gilimanuk dan Ketapang.

Dikutip dari situs resmi ASDP, Danang S Baskoro, Direktur Utama PT ASDP Indonesia menyatakan jika pemilihan tiga pelabuhan tersebut karena memiliki potensi terjadinya antrian panjang pada satu waktu, khususnya malam hari.

“Kami memberlakukan dua tarif untuk mencegah pola kedatangan bersamaan calon pemudik yang rata-rata, setiap tahun selalu membludak di malam hari,” ungkapnya.

Danang menambahkan jika tarif siang dibuat lebih murah dari malam. “Jadi pemudik ada pilihan dan bisa terdistribusi dengan baik. Bukan hanya terkonsentrasi pada malam hari yang berakibat penumpukan penumpang,” jelasnya.

Dua tarif ini juga hanya berlaku untuk pengendara motor dan mobil pribadi. “Karena dua moda transportasi tersebut diperkirakan akan meningkat menjelang Lebaran. Dan kami ingin memberikan kenyamanan lebih pada penumpang,” pungkas Danang.

Pemberlakuan dua tarif ini sendiri berlaku mulai H-4 sampai H-1 dengan perbedaan kenaikan harga hingga 100 persen dari harga normal untuk penyeberangan malam.

Laporan ini dipersembahkan oleh ENERVON-C