0
1786

Ini Yang Diajarkan Rifat Sungkar ke Pengendara Go-Jek

GILAMOTOR.com – Untuk memberi pelatihan safety riding kepada pengendaranya, Go-Jek Indonesia bekerja sama dengan Rifat Drive Labs (RDL) yang dipimpin oleh pereli nasional, Rifat Sungkar.

Dan menurut Rifat, ada beberapa hal yang akan diajarkan dan diuji pada pengendara, diantaranya skill awareness dan commentary riding. “Diantaranta pada skill awarness, ada 7 poin. Pertama melewati trek angka 8 besar dan kecil, slalom lurus dan zig-zag. Lalu balancing board hingga manuver di jalan sempit. Simulasinya dengan mempersempit cone agar membiasakan posisi lutut,” urai Rifat.

Selanjutnya simulasi jalan rusak, lewat rawa-rawa yang belum dirapikan. “Karena pengendara tak selalu menemui jalanan aspal yang mulus,” ungkapnya.

Terakhir ada simulasi jalan bumpy dengan menggunakan tangga. “Ada caranya supaya penumpang tidak loncat. Karena jangan sampai mengutamakan kenyamanan sendiri, tapi juga harus ingat ada penumpang di belakang,” urainya.

Di sesi ujian, pengendara memperoleh kesempatan untuk menguji skillnya di lintasan berkali-kali.”Ada juga latihan braking, presision braking dan reaction braking, ada berhenti di kotak ada berhenti pilih kotak, ada braking di atas pasir. Tapi untuk ujian hanya diberikan sekali kesempatan,” pungkas Rifat.