Photo: Gilamotor.com/Ary
3
842

Laporan Mudik Kita : Pastikan Fungsi Penerangan Bekerja Baik

GILAMOTOR.com – Setelah tuntas melakukan service di area mesin, CVT hingga kaki-kaki, SOP para mekanik di bengkel resmi biasanya dilanjutkan dengan mengecek fungsi penerangan dan signal pada skutik.

Memang terlihat simple. Tapi, tentu akan merepotkan jika salah satunya tidak bekerja. M Abidin GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mewanti pengguna skutik untuk memeriksanya kembali.

Terlebih, skutik tersebut akan dibawa untuk perjalanan jauh. “Cek kembali fungsi lampu depan-belakang, sein kiri-kanan dan lampu rem belakang,” kata Abidin.

Jika salah satu dari part tersebut tidak menyala, coba buka soket atau kondisi kabel-kabel dari lampu yang tidak menyala tersebut.

Setelah itu, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan lampu yang lebih terang. Jika watt-nya tidak sesuai dengan kapasitas bawaan pabrik, akan muncul masalah lainnya.

Mulai dari soket rusak dan pijar lampu yang justru meredup karena arus listrik yang ditentukan pabrikan tidak memenuhi kebutuhan daya lampu tersebut.

“Jika ada bohlam yang putus, lebih baik ganti yang standar pabrikan saja. Soalnya suka ada yang salah ganti lampu dan malah merusak komponen lainnya di motor,” sahut Denny Dannysumakud, Service Advisor bengkel resmi Yamaha Sumber Mas Motor di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 Jika semua fungsi lampu sudah benar, jangan lupa untuk menggunakannya ketika anda berkendara pulang ke kampung halaman.

3 COMMENTS