Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
1313

Laporan Mudik Kita : Polisi Siapkan Pos Gatur

GILAMOTOR.com – Puncak arus mudik Lebaran 2015 semakin dekat. Diprediksi puncaknya akan terjadi pada H-2 Lebaran atau tanggal 15 Juni 2015. Hal itu diungkapkan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Istiono, Selasa (8/7/2015) di Jakarta.

Untuk membantu kelancaran proses mudik dan balik Lebaran serta keamanan dan keselamatan para pemudik, Korlantas Polri bekerjasama dengan berbagai pihak menyiapkan titik-titik rest area bagi pemudik. Selain itu, Korlantas Polri juga menyiagakan anggotanya di titik-titik pengaturan lalu lintas (Gatur Lantas) yang tersebar di sepanjang jalur mudik.

Pantauan Gilamotor.com saat melintasi jalur mudik Pantura menggunakan Yamaha Mio M3 pada Kamis 9 Juni 2015, sepanjang jalur mudik sepeda motor dari Cawang hingga ke Pekalongan terlihat pihak Kepolisian Lalulintas tengah menyiapkan Pos Gatur Lantas dengan beragam ukuran. Sebagian besar di antaranya sudah siap digunakan dan sebagian lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Sementara itu, Pos Gatur Lantas terbesar dibangun oleh Satlantas Kepolisian Resor Purwakarta untuk memantau arus di gerbang Pantura yang selalu padat saat masa mudik. Pos itu dibangun 2 lantai dengan ukuran 20 meter x 10 meter.

Pos itu akan jadi markas utama Kepolisan dalam memantau arus mudik Lebaran 2015. Pos ini akan diisi oleh puluhan petugas Kepolisian Lalulintas untuk mengatur lalulintas khususnya dari gerbang Tol Cikopo, Purwakarta, yang selalu jadi titik kemacetan saat arus mudik tiap tahunnya.