Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
2722

Laporan Mudik Kita: Selfie di Tebing Keraton Bandung

GILAMOTOR. com – Sejak setahun belakangan nama lokasi wisata Tebing Keraton di Bandung sering disebut-sebut dan makin populer. Lokasi wisata ini rupanya masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Letaknya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Di sini, Anda bisa menikmati eksotisnya pegunungan dan hutan dari ketinggian.

Tebing Keraton jadi lokasi favorit untuk selfie dengan latar belakang pegunungan dan jurang. Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan lebatnya Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Kami pun penasaran ingin melihat secara langsung dan menikmati pemandangan yang disuguhkan Tebing Keraton. Yamaha Mio M3 125 yang kami gunakan untuk memantau situasi jalur mudik dari jalur Pantura melewati jalur Selatan kami arahkan ke Tebing Keraton.

Untuk mencapai ke Tebing Keraton, Mio M3 125 kami arahkan menuju kawasan Dago Pakar. Kemudian perjalanan kami lanjutkan ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dari gerbang Taman Hutan Ir. Djuanda kami arahkan tunggangan kami ke kanan. Kami harus menempuh jarak sekitar 7 km.

Jaraknya memang tak terlalu jauh, tapi medan yang kami lewati cukup berat karena sebagian besar treknya dalam keadaan rusak dan menanjak. Jadi kalau Anda ingin melihat lebih dekat Tebing Keraton, pastikan motor Anda dalam kondisi prima.

Kendaraan roda dua dan empat bisa dibawa sampai ke gerbang Tebing Keraton. Tapi untuk saat ini, lahan parkirnya masih sangat terbatas. Biaya masuknya, Rp 5000 untuk 1 unit motor dan Rp 10,000 untuk satu unit mobil. Dan untuk memasuki taman wisata Tebing Keraton, Anda harus merogoh kocek lagi sebesar Rp 10,000 per orang ditambah Rp 1000 perorang untuk asuransi. Jadi total biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 16,000 per orang.

Dari gerbang tiket masuk, kami berjalan kaki selama 5 menitan. Kami berjalan di atas lempengan batu cor berbentuk persegi panjang yang mengarahkan kami menuju titik Tebing Keraton. Terlihat beberapa bangunan baru sedang dalam pembangunan yang akan digunakan sebagai fasilitas wisatawan.

Saat paling tepat untuk menikmati Tebing Keraton adalah di pagi hari sebelum jam 6 pagi, karena Anda akan menikmati pemandangan kabut yang menyelimuti kota Bandung. Anda juga bisa menikmati matahari terbit dari celah bukit di sebelah timur.