Photo: Visordown
0
497

Suzuki Kembangkan Motor Sport Hybrid, Ini Desain Patennya

GILAMOTOR.com – Teknologi sepeda motor makin berkembang, mesin-mesin baru terus dikembangkan. Dan kabar terbarunya, Suzuki tengah mengembangkan motor hybrid dengan kombinasi mesin empat silinder segaris dan motor listrik.

Seperti terlihat pada diagram paten di atas yang menampilkan motor dengan sasis dan knalpot ala GSX-R1000. Namun dikemas dengan ukuran lebih kompak seperti supersports 600cc konvensional.

Tapi yang lebih menarik ada pada sebongkah blok di belakang kepala silinder (nomor 43) yang ditengarai adalah motor listrik sebagai penunjang sistem hybrid.

Selain itu, terdapat juga sokongan baterai tambahan yang terletak di bawah kursi (nomor 32). Dari ukurannya menunjukkan motor listrik hanya akan digunakan untuk digunakan dalam jarak pendek di sekitar kota, atau penunjang akselerasi, seperti halnya Toyota Prius.

Lalu, tertanam juga sebuah switch di setang kanan juga memungkinkan pengendara memilih secara manual antara, mode listrik hybrid dan bensin saja.

Sementara transmisinya akan mengusung model semi-otomatis dengan perubahan gigi secara clutchless. Ini artinya, pengendara masih menggunakan tuas kaki kiri untuk mengubah posisi gigi, tapi alih-alih memakai sistem mekanis, perpindahan gigi justru dilakukan secara elektrik dengan kontrol dari ECU.