Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
2071

Kejar Pemakaian Harian, Jadi Alasan Honda Ganti Mesin All New CB150R

GILAMOTOR.com – Meski belum sampai berusia tiga tahun di Indonesia, nyatanya mesin 150cc tipe over bore  (ukuran diameter bore lebih besar dari langkah piston) yang sebelumnya dipakai oleh CB150R, kini di generasi terbarunya, mesin sudah tak lagi diusung oleh naked bike tersebut. Praktis, tinggal CBR150R saja yang mengusung mesin tersebut.

Tetapi, sebagai gantinya, Honda justru mengembangkan mesin bertipe ‘hampir’ square (ukuran diameter dan langkah piston hampir sama) yang kini tertanam pada dua varian motor mereka, yakni All New CB150R dan Sonic 150R. Ada apa?

Hal ini langsung dijelaskan oleh Winaryanto, Teknikal Instruktur Astra Honda Training Center (AHTC). “Ini merupakan masukan dari konsumen CB150R sebelumnya, yang menginginkan motor yang bukan hanya tangguh saat turing, namun juga tetap mumpuni dipakai menembus kemacetan sehari-hari.”

Dirinya menjelaskan jika karakter mesin over bore (63,5 x 46,2 mm) pada mesin lama menghasilkan performa optimal di putaran tinggi. Sehingga, akselerasi di putaran bawah sedikit dikorbankan.

Sementara mesin baru yang hampir square (57,3 x 57,8 mm)  menghasilkan performa yang lebih stabil, baik di putaran mesin rendah maupun tinggi.

“Karakter tenaganya dibuat merata. Jadi lebih cocok dipakai harian, mirip karakter naked bike Honda lainnya, seperti New Mega Pro FI dan Verza yang sudah memakai mesin square,” pungkasnya.