Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
823

Incar Pasar Gemuk, Motor Listrik ITS Bisa Bersaing?

GILAMOTOR.com – Sosok skuter listrik garapan  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Garansindo sukses menjadi buah bibir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 akhir Agustus lalu.

Semakin menarik, motor yang nantinya akan dilepas tahun 2018 ini ditengarai akan menjadi kuda hitam di pasar roda dua Tanah Air. Kenapa?

Yang pertama, motor ini diklaim akan dilepas dengan harga kompetitif, yakni di bawah Rp 20 juta. Bahkan Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo berani berujar, jika skuter ini bisa dihargai di rentang Rp 15 jutaan. Harga ini terbilang kompetitif untuk menyaingi segmen skuter low end.

Selanjutnya, motor ini selain bebas emisi juga dirancang agar bebas perawatan berkala. Pasalnya, tak ada komponen yang dilumasi (butuh oli) atau bensin. Sehingga ongkos perawatan dapat dikurangi.

Nah, untuk mengambil celah pasar tersebut, Garansindo menggandeng produsen motor asal Italia, Italjet yang unggul dari sisi desain dalam menggarap skuter listrik ini.

“Segmen skuter dipilih karena penjualannya paling banyak di Indonesia. Hampir 60 persen, ini mendominasi pasar. Kami membuat alternatif pilihan. Kemudian akan dicompare dengan skutik konvensional, barangkali nanti ada perpindahan konsumen dari motor bensin ke listrik,” jelas DR Muhammad Nur, Project Leader Motor Listrik ITS.