Photo: Yamaha-Motor.co.th
0
4627

Yamaha New Fino 125, Naik Kelas dan Bisa Minum Ethanol

GILAMOTOR.com – Skutik retro Yamaha Fino mendapatkan pasokan mesin baru. Skutik yang sudah disusupi teknologi Blue Core ini juga menjadi skutik pertama yang bisa meminum bahan bakar ethanol (E85).

Usungan nama Yamaha New Fino 125 seolah sudah menjelaskan bahwa Fino tak lagi menggendong mesin 115cc terdahulu. Mesin yang lebih bertenaga tersebut pun nyatanya dipadukan dengan teknologi injeksi dan Blue Core.

Tidak hanya itu, Yamaha Thailand juga menggunakan ECU pintar bernama Flex Fuel Vehicle (FFA) agar mesin 125cc Fino terbaru bisa mengkonsumsi bensin atau ethanol sekalipun. Perangkat ini akan mendeteksi asupan BBM yang masuk untuk kemudian memaksimalkan kinerjanya di ruang bakar.

Pihak pabrikan mengklaim teknologi ini membuat Yamaha New Fino 125 Blue Core lebih bertenaga dan efisien. Catatan konsumsi BBM-nya disebut mencapai 45 km/liter.

Selain naik kelas, desain Yamaha New Fino 125 Blue Core juga lebih fashionable. Desain headlamp berbentuk diamond yang merupakan revisi teranyar kini dipadukan dengan lampu LED dengan proyektor berwarna biru. Pun demikian dengan lampu senja dan sein yang menyatu dengan tebeng depan barunya.

Tata letak panel indikator Yamaha New Fino 125 juga mengalami perubahan dimana speedometer dan fuel meter dibuat terpisah. Pada speedometer, pengendara bisa memperhatikan kecepatan secara analog dan indikator ECO lamp yang menjadi penunjuk untuk riding secara efisien. Sementara fuel meter berada di bagian setang kiri.

Fitur tambahan lainnya terlihat di bagian kunci. Demi pengaman tambahan, Yamaha Fino 125 telah disemati pula dengan perangkat answer back system dan rumah kunci berpengaman magnet. Pemilik Yamaha New Fino 125 juga bisa mengandalkan kapasitas bagasi yang saat ini lebih lebar menjadi 8,2 liter.

Di Thailand, Yamaha New Fino 125 ditawarkan dengan harga mulai dari 46,000 baht atau setara Rp 18 jutaan (model velg jari-jari) sampai 50,500 Baht atau sekitar Rp 20,4 jutaan (deluxe).

Apakah model ini juga akan ada di Indonesia? Mengingat saat ini hanya Yamaha Fino saja yang belum mengalami ubahan spesifikasi layaknya Yamaha Mio M3 125 atau All New Soul GT.