Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1781

Cerdik Menguntit Wahyu, Dimas Bawa Yamaha Jupiter Karburator Start Terdepan di YCR1 Sentul

GILAMOTOR.com – Dimas Topo Aditia, mampu memaksimalkan tunggangannya untuk merebut pole position di kelas YCR1. Pada kualifikasi, Kamis (12/11/2015) tadi, pebalap asal Riau ini berhasil mencatat waktu tercepat yakni 1 menit 54,921 detik.

Di laga pamungkas Yamaha Cup Race (YCR) dihelat di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tentu saja ini menjadi ajang untuk setiap tim saling unjuk gigi. Baik itu dengan Yamaha Jupiter karburator atau pun Jupiter Z1 (injeksi).

Dari data yang ada, bebek karburator masih mendominasi yakni 118 unit (Jupiter karburator) berbanding 31 unit (Jupiter Z1). Namun, hal itu tak membuat para pembesut tunggangan injeksi ciut nyali.

Ini terlihat ketika para rider kelas YCR1 melakoni kualifikasi. Usai merampung 15 menit, Dimas mampu berdiri di puncak. Akan tetapi, pencapaian pebalap tim Teqleck HDS KYT Mimaki Racing Team tersebut juga tak lepas dari peran Wahyu Aji Tri Laksana.

Rider yang berkiprah di Asia Road Racing Championship kelas UB130 ini dijadikan patokan oleh Dimas Topo. “Dimas ada satu rombongan dengan Wahyu. Kalau dia pelan, Dimas selalu ada di belakangnya,” kata Muhammad Ruhan, mekanik tim Yamaha Yamalube Bien Racing WH35 NHK FDR.

Hal ini maklum lantaran Wahyu sangat hafal dengan trek Sentul.” Ini juga baru kedua kalinya Dimas belapan di Sentul,” sahut Bobby, mekanik Teqleck HDS KYT Mimaki Racing Team.

Meski ada ditempat kedua, Wahyu hanya membuat gap 0,120 detik dari Dimas. Sedangkan Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera) melengkapi pebalap yang akan start di grid terdepan pada balapan nanti.

Bagi Wahyu, persaingan di barisan depan dengan Jupiter karburator tentu cukup berat. Akan tetapi, sang mekanik tidak merasa khawatir.

“Jangan di push di awal. Yang penting ikut rombongan saja dan smooth membawa motornya. Ini dilakukan untuk menghindari tenaga motor drop di pertengahan balap. Baru nanti, di lap-lap akhir Wahyu bisa push lebih keras,” papar Ruhan saat ditanya strateginya jelang balapan besok, Jum’at (13/11/2015).

Hasil kualifikasi Final Yamaha Cup Race kelas YCR1, Sentul :

Yamaha-Cup-Race-Final-Sentul-Kualifikasi-YCR1-2