Photo: Honda Racing Corporation
2
2606

Marquez Pusing Kenali Karakter Ban dan ECU Baru MotoGP 2016

GILAMOTOR.com – Pada pengujian hari kedua, Marc Marquez tidak bisa memahami karakter perangkat anyar untuk MotoGP 2016. Rider tim Honda ini sedikit frustasi dengan performa ban depan Michelin serta ECU yang disematkan pada RC213V.

Sebelumnya, penilaian Marquez terhadap ban Michelin yang dipakainya di Valencia, Spanyol beberapa waktu lalu sangat jelas. Menurutnya, karet bundar belakang buatan Michelin sangat apik. Namun, tidak demikian dengan ban depan.

Saat berharap untuk mendapatkan informasi lebih dalam di Jerez, Spanyol, Marquez justru tak bisa berkomentar banyak. “Di sini banyak sekali fast corner dan susah untuk merasakan dimana limitnya,” buka Marquez.

Dia berujar kondisinya tak jauh berbeda dengan Valencia. Makanya, Marquez mencoba komposisi ban yang berbeda. “Ban belakang tak jauh berbeda dengan Bridgestone. Perbedaan Michelin hanyalah di ban belakang,” tambah juara MotoGP 2013-2014 itu.

Sesi pengetesan dilakoninya untuk merasakan ECU baru yang teraplikasi pada RC213V versi 2016. Marquez kesulitan mengendalikan motor, terutama di tikungan. “Kami butuh waktu lebih untuk memahaminya saat berakselerasi. Ini fase penting. Kalau kamu kehilangan waktu (saat akselerasi), maka akan sulit untuk mendapatkan lap time tercepat,” paparnya.

“Aku pikir komplain tentang perangkat elektronik ini juga diutarakan oleh semua pebalap. Motor kurang terkontrol saat coba mempertahankan torsi dan kamu tidak bisa mengendalikannya dengan baik karena tenaga motor menjadi naik-turun,” tutup Marquez.

2 COMMENTS