Photo: GIlamotor.com/Ary
0
1331

Pebalap Nasional Bersaing Bela Nama Daerah di Pra PON Jawa Barat

GILAMOTOR.com – Para pebalap Tanah Air akan disibukkan dengan agenda balap nasional. Bukan untuk tim sponsor, melainkan membela Pengurus Propinsi (Pengprov).

Tahun depan, sebanyak 31 provinsi akan berpartisipasi dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dimana Jawa Barat bertindak sebagai tuan rumah.

Untuk menentukan pebalap yang bisa tampil, PP IMI dan PB PON mengadakan kualifikasi yang dikenal sebagai Pra PON.

Cabang olahraga balap motor ini akan melombakan dua kategori yakni balap bebek 125cc dan 150cc. Proses seleksi yang dicanangkan pun kompetitif. Misalnya, 31 pebalap dari masing-masing Pengprov yang ikut kelas 150cc akan menjalani kualifikasi karena hanya 26 pebalap yang berhak balapan pada PON XIX mendatang sebagai peserta perorangan.

Tidak demikian dengan kelas bebek 125cc. 31 pebalap yang baru saja menjalani kualifikasi di Sentul International Karting & Motorcycle Circuit, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/11/2015) bisa tetap berlaga di perhelatan akbar itu.

Namun, dari dua kelas tersebut hanya ada 14 pebalap yang bisa tampil di PON XIX sebagai peserta kelas beregu. “Jadi, nanti saat balapan di PON akan ada 4 kelas yang dilombakan, kelas 125cc dan 150cc perorangan dan beregu,” kata Frans Tanujaya, Kabid Olahraga Roda Dua Pengurus Pusat IMI.

Jadi, akan ada empat pebalap yang membela Pengprov masing-masing. Setelah ini, setiap kontingen akan melakukan persiapan, termasuk berlatih di sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat.

“Pasti nanti saya akan latihan di sana. Apalagi saya belum pernah balapan di Gery Mang. Tinggal menyesuaikan waktu dengan Rafid Topan, ujar Ahmad Yudhistira yang membela Pengprov DKI Jakarta.