Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1448

Tim Balap Yamaha Cup Race Acungi Jempol Ketahanan Busi NGK

GILAMOTOR.com – Bicara soal performa sepeda motor, tak lepas dari peran sektor pengapian. Pun begitu dengan kuda balap yang dipakai di arena Yamaha Cup Race 2015.

Pada perhelatan final YCR di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jum’at (13/11/2015), PT NGK Busi Indonesia juga hadir sebagai pendukung di acara puncak balap garapan Yamaha Indonesia tersebut.

“Kita selalu antusias mendukung YCR. Terlebih ada juga tim yang kita sponsori di sini. Ada 4 tim dan mereka kita support dengan produk (busi) kita,” buka Zulfikar Toto, Marketing PT NGK Busi Indonesia.

Zulfikar menerangkan jika pihaknya menyediakan beberapa pilihan kepada tim tersebut. Paling utama adalah busi NGK tipe Iridium IX yang dipakai oleh sepeda motor Yamaha Jupiter.

Salah satu tim yang disponsori adalah tim Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing, Mereka pun mengakui keunggulan dari busi yang juga dipakai oleh pebalap MotoGP ini.

“Kita sudah 2 tahun ini bekerjasama dengan NGK dan kita selalu dapat beberapa pilihan (jenis dan ukuran busi),” sahut Widya Krida Laksana selaku mekanik tim.

NGK-Busi-Final-Yamaha-Cup-Race-2015-1
Menurutnya, dengan menggunakan busi NGK dirinya dan tim mekanik tim Bahtera tak perlu repot melakukan banyak ubahan.

“Nggak banyak mengubah setingan main jet dan pilot jet (sepeda motor karburator). Sama juga ketika di sepeda motor injeksi yang tidak perlu banyak melakukan mapping,” papar mekanik bertubuh tambun itu.

Selanjutnya Widya juga mengakui ketahanan dari busi NGK ini. “Biasanya saat race kita pakai ukuran 10 karena kita biasanya seting motor tidak terlalu basah. Pembakarannya sempurna sekali,” katanya.

“Dan, kita biasanya baru ganti busi itu setelah 3-4 kali event. Itu juga sudah termasuk persiapan sepeda motor seperti setingan yang lain dan dynotest,” ungkap Widya lagi.

Mendengar ini, pihak NGK juga menerangkan keunggulan dari produk tersebut. Meterial NGK Iridium IX (CR7HIX dan CR6HIX) yang dipakai Jupiter karburator memiliki material dengan lapisan keramik alumina bermutu tinggi.

“Tidak mudah pecah di suhu panas dan tekanan berdaya 5000 volt. Tentu saja disesuaikan dengan karakter dan modifikasi pada mesinnya,” lanjut Asep Dodi, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

NGK Iridium IX juga memiliki thermo edge design yang memberikan beberapa keuntungan. Desain valve yang berbeda membuat karbon di bagian dalam insulator akan terbakar habis oleh kejutan listrik. Ini tentunya akan mengurangi gejala penurunan perfoma pada sang kuda besi. Ragam produk NGK juga bisa Anda dapatkan di gelaran final Yamaha Sunday Race mulai hari ini, Sabtu (14/11/2015).