Photo: Gilamotor.com/Ary
0
7365

Dikembangkan Khusus, IRC NR 93 Iringi Kelahiran Suzuki Satria F150 FI

GILAMOTOR.com – PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC mendesain khusus ban NR 93 yang kini teraplikasi di Suzuki All New Satria F150 FI.

Tidak hanya Suzuki yang bersemangat melahirkan generasi terbaru Satria. IRC yang notebene rekanan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menghadirkan produk baru saat peluncuran Satria F150 FI, kemarin (16/2/2016).

“Basicly, ban permintaan Suzuki Motor Company (SMC) karena develop Satria ini dilakukan di Jepang,” buka Biyantoro Andra, Assistant Manager New Product Development Gajah Tunggal Tbk di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dari pemaparannya, ada empat pattern yang dikirimkan IRC ke SMC. Hingga akhirnya yang dipilih adalah IRC NR 93. “Karakter dan performance sesuai dengan Satria F150 FI,” lanjut Andra kepadaGILAMOTOR.com

Untuk menghasilkan IRC NR 93, pihak produsen melakukan pengembangan sejak tahun lalu atau sekitar 6 bulan. “Ban ini menggunakan compound aromatic oil karena ramah lingkungan. Karena untuk harian dan butuh kenyamanan, khusus ban belakang pakai reinforce nylon untuk menahan beban yang lebih berat,” papar Andra.

Bagaimana komentar SMC soal IRC NR 93? “Mereka mengatakan ban ini membuat performa Satria F150 FI lebih baik dan sporty (dari segi pattern),” sahut Noboru Makisaka, Technical Advisor IRC Tyre Japan.

Pun begitu dengan endurance. Ban berjenis tubeless ini juga disebut Makisaka San memiliki endurance maksimal (minimal 10.000 km) karena juga sudah disesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia.

Dodiyanto, Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan IRC NR 93 akan segera tersedia di pasaran dalam waktu dekat.

“Ban sudah ada bulan depan di seluruh Indonesia (jariangan distributor IRC),” ujar pria yang hobby olahraga bulu tangkis itu.

IRC NR 93 memiliki ukuran 70/90/17 (depan) dan 80/90/17 untuk ban belakang. Harga keduanya berkisar Rp 419.000. Ban ini juga bisa dipakai untuk semua tipe motor bebek.