7
10157

Aplikasi Projektor Di Yamaha YZF-R15, Pilih Sesuai Dana

GILAMOTOR.com – Mendongkrak tampang Yamaha YZF-R15 bisa dilakukan di bagian apa saja. Salah satunya sektor headlamp dengan ganti model lampu yang lagi ngetren, yakni proyektor atau kita sering disebut proji. Ubahan ini bisa bikin tampilan lebih keren.

Tipe, bentuk maupun pemilihan proji saat ini cukup beragam, ada yang sudah berikut angel eyes (AE) serta devil eyes (DE) atau sesuai keinginan pemilik. Nah, buat yang lagi pengin mengaplikasikan bisa menyimak penawaran dari dua bengkel spesialis lampu. Hi-Tech Concept Lighting dan Alvito Pitshop.

Tipe lensa projie sangat beragam dan harus menyesuaikan dengan reflektor orisinal. Jadi, tampilannya enggak terlalu kebesaran maupun kekecilan. Sedang pilihan AE maupun DE tergantung keinginan pemilik atau mengkontraskan warnanya, buka Dephiandri, spesialis Hi-Tech daerah Kelapa Dua, Depok, Jabar.

Pengaplikasiannya cukup mudah, karena sistem kelistrikan R15 sudah DC dan enggak perlu mengubah arus kelistrikannya. Jadi cukup pasang saklar On-Off milik Yamaha RX-King atau Scorpio Z. Untuk projie pakai tipe Gen-9 dengan ukuran HID dan ballast 35 watt plus alis (sepasang). Harganya Rp 3,150 ribu, papar Dephiandri, owner Hi-Tech.

Meski besutan diinapkan, pria ramah ini juga memberikan garansi. Selain garansi bohlam selama 1 tahun, juga memberikan warranty pemasangan selama 3 bulan. Jadi, kalau ada masalah tinggal telp atau datangi langsung.

Budget upgrade headlamp berkisar Rp 2,1 juta – Rp 3 juta. Tapi, harga itu bisa berubah tergantung ada penambahan lampu atau enggak di headlamp. Misalnya, menambahkan LED Cree, LED alis, atau lainnya. Sedang proses pengerjaan selesai dalam 2 hari, ujarnya. Hi-Tech Concept Lighting (Telp : 0812-80000687).

Spesialis lampu motor yang buka di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Kunciran, Tangerang, Jawa Barat ini, menjualnya dengan kisaran harga dari Rp 2,6 juta hingga Rp 3,5 juta. Harga ini juga tergantung ada penambahan lampu lagi atau enggak.

Untuk paket reflektor alias headlamp orisinal R15, trus sepasang projie Kingkong 2,5 inc, AE, DE, plus double alis dihargai Rp 3,2 juta. Ini tinggal pasang, jadi kalau bosan tinggal lepas dan pasang aslinya. Enggak repot buat beli headlamp baru lagi, papar Philip, owner Alvito Pitshop.

Proses pengerjaannya butuh waktu 3 hari agar pemasangan lebih maksimal. Ukuran bohlam HID dan ballast pakai 35 watt. Kalau mau paket murah seharga Rp 2,5 juta, hanya mendapatkan projie tipe biasa dan menggunakan reflektor bawaan motor. Sedang garansi hanya bohlam berikut ballast selama 1 tahun dan pemasangan 1 minggu. Alvito Pitshop (Telp : 0812-82987191) [TGH]

7 COMMENTS