Photo: Gilamotor.com
4
5884

Upgrade Lampu Senja Yamaha Mio M3 125

GILAMOTOR.com – Biasanya kalau punya kendaraan baru, pasti ada bebrapa komponen yang diganti atau diubah. Entah itu, ganti sokbreker belakang, headlamp ganti model HID, dan aksesori lainnya.

Salah satunya, meng-upgrade tampak depan di skutik Yamaha Mio M3 ini. Yakni, pada sektor lampu senja atau lampu kota. “Karena lampu kecil atau senja itu berbentuk M, makanya diganti agar lebih jelas dan tentunya makin keren,” buka Andry Perdana, pemilik Yamaha Mio M3 125.

Penerapannya sedikit rumit dikarenakan peranti tersebut dibikin custom. Caranya dengan menggantikan bohlam asli pakai LED. Tapi, bukan LED yang biasa, melainkan komponen LED yang sinar lampunya lebih terang dari bawaan pabrik atau aftermarket lainnya.

Pilihannya ada LED Luxeon, HPL, Cree, SMD, COB, dan 5670. Yang sering digunakan oleh pengguna motor yakni, LED Luxeon sama HPL dan harga pun berbeda-beda. Untuk range harga LED Luxeon plus jasa pasang hanya Rp 120 ribu.

“Namun, dalam pemasangan LED tersebut ada tambahan modul atau driver. Tujuannya agar sinar yang keluar makin terang. Karena LED tersebut bukan model colok, maka pemasangannya pun berbeda,” papar Dephiandri, spesialis lampu Hi-Tech Lighting Concept di Kelapa Dua, Depok, Jabar.

Cara aplikasinya dengan melepas bohlam aslinya dan memasang LED tersebut. Lalu, diberikan lem perekat pada bagian luar reflektor agar komponen tersebut enggak gampang jatuh atau kemasukan air. (TGH)

Hi-Tech Lighting Concept : 0812-80000687/7D2ADBBE