14
34103

Jupiter MX Bergaya Supermoto? Ini yang Perlu Diperhatikan

Saat ini wabah sepeda motor bergaya supermoto tengah menjamur dan tidak sedikit orang yang ingin memilikinya. Apa yang bikin sepeda motor dengan gaya ini tengah mewabah yah? Sudah tentu tampilan gagah ala motocross namun tetap bisa nyaman melahap jalan aspal terlebih masih asyik diajak bermacet-macet ria.

Dan sepeda motor jenis apapun sebenarnya bisa disulap bergaya supermoto, mulai dari sepeda motor sport, trail hingga cub atau bebek. Namun tidak bisa sembarangan pasang pelek dan ban lebar loh Gilmoters.

Nah bagi Gilmoters pemilik Yamaha Jupiter MX yang ingin tunggangannya bergaya supermoto. Nih Bang Gilmot kasih tipsnya. Menurut salah seorang mekanik dari Caos Custom Bike yang akrab disapa Agus, jika pemilik Jupiter MX yang ingin mendandani motornya bergaya supermoto ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Mulai dari ukuran ban, gir hingga kaki-kaki.

supermoto

“Ukuran pelek yang biasa dipakai untuk supermoto itu 4,25 inchi untuk bagian belakang, sedangkan depan 3,5 inchi. Dan untuk ban pakai 120/70 depan lantas belakang pakai 160/60. Pelek belakang bisa saja pakai ukuran 5 inchi tapi harus ganti swing arm.” ungkapnya.

Pria ramah tersebut juga menambahkan, supaya power tidak loyo lantaran penggunaan pelek dan ban lebar mesti mengganti girnya juga Gilmoters.

supermoto1“Berhubung jarang utak-atik mesin, untuk mengali tenaga cukup mengganti karbu dan gir standart bawaan Jupiter MX dengan ukuran lebih besar. Kan standarnya ukuran 38 tuh jadi bisa diganti yang ukuran 46 atau 48.” lanjutnya.

Eit tunggu dulu, jika Gilmoters ingin mengganti kaki-kaki demi menunjang performa disarankan menggunakan limbah-limbah sepeda motor trail Spesial Engine (SE). Ini karena kualitasnya pasti lebih bagus dan pastinya membuat motor kesayangan makin kece!

14 COMMENTS